ON / BY admin/ IN Artikel/

Pemilihan konsep pernikahan menjadi hal yang harus benar-benar dipikirkan, karena itu adalah moment yang diimpikan pasangan pengantin di hari bahagianya. Kamu bisa berdiskusi terlebih dahulu dengan keluarga. Misalnya saja keluarga ingin pernikahan konsep tradisional sedangkan kamu ingin pernikahan konsep modern. Yah, itu biasanya menjadi salah satu topik pembicaraan sebelum merencanakan persiapan pernikahan. sebaiknya jangan berdebat dan mementingkan ego terlebih dahulu. Gunakan waktu berdiskusi tersebut untuk menemukan jalan tengahnya.

Bagaimana jika menggabungkan konsep keduanya? Kamu bisa tetap menggunakan konsep modern dan juga dengan konsep tradisional. Baiklah, satu masalah sudah terpecahkan dengan kamu tetap menggunakan konsep keduanya. Selanjutnya kamu pasti bingung, bagaimana untuk menggabungkan kedua konsep itu menjadi satu acara. Sebelum melakukannya, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan untuk membuat konsep modern dan tradisional menjadi satu.

Mencari Banyak Refrensi

Herworld.co.id

Tidaklah mudah membuat konsep pernikahan yang diimpikan, sebelum melakukannya sebaiknya kamu coba mencari banyak referensi dari berbagai informasi. Kamu bisa melihat referensi tentang konsep tersebut di beberapa pasangan pengantin yang pernah digunakan. Dengan mencari banyak referensi, kamu akan lebih muda untuk menemukan ide yang bisa dikembangkan sendiri. Jangan bosan untuk mencari tahu lebih banyak, karena dengan itu kamu akan bisa menyiapkan pernikahan yang diimpikan untuk sekali seumur hidup.

Menyiasati Susunan Acara Pesta Penikahan

writingcooperative.com

Menikah dengan cara tradisional bukan berarti dianggap kuno atau lama, tahukah kamu bahwa menikah dengan cara tradisional masih memiliki nilai sakral didalamnya. Maka menikah dengan konsep tradisional masih dipertahankan oleh sebagian masyarakat. Kamu tidak perlu bingung bagaimana untuk membuat konsep tradisional dan modern menjadi satu dalam sebuah acara pernikahan. Salah satu cara yang dapat lakukan yaitu dengan menjadikan dua sesi acara.

Maksudnya dua sesi acara, kamu bisa menggunakan acara di pagi hari dengan ritual adat secara tradisional dengan rangkaian acara yang telah disusun dengan baik dan benar, kemudian untuk malam hari kamu bisa melanjutkan dengan acar resepsi dengan konsep pernikahan modern. Selain itu, di acara resepsi pernikahan bisa memadukan keduanya. Tinggal bagaimana caranya kamu membuat kesan apik tidak saling tumpah tindih hingga terkesan tidak bagus.

Pemilihan Dekorasi

pinterest.com.au

Dekorasi dengan konsep tradisional dan modern dijadikan satu, kenapa tidak. Kamu bisa memilih mana yang sesuai dan tidak dengan baik agar terlihat lebih bagus. Jangan takut untuk bermain dengan warna, bentuk, hingga pernak-pernik yang diperlukan untuk dekorasi pernikahan.

Tidak perlu seimbang, justru jika kamu membuatnya menjadi 50:50 akan terlihat menjadi aneh dan membingungkan. Maka dari itu kamu hanya perlu memilih konsep dominan mana yang akan kamu dahulukan untuk dekorasi apakah tradisional ataukah modern, maka selanjutnya konsep kedua bisa mengikuti penataan untuk dekorasi yang sesuai. Misanya kamu memilih menggunakan gaya pelaminan tradisional seperti adat jawa, yang kita tahu bahwa adat tersebut lebih dominan menggunakan warna coklat. Kamu bisa merubah menjadi warna putih untuk memberikan kesan modern.

Pemilihan Busana Pengantin

lifestyle.okezone.com

Memodifikasi busana pernikahan dengan konsep tradisional dan modern saat ini sudah banyak digunakan oleh pasangan pengantin. Masih banyak pasangan pengantin yang ingin mengaplikasikan adat daerahnya sebagai konsep busana pengantin untuk pesta pernikahan tetapi tetap dengan adanya kesan modern. Kamu bisa memodifikasi sesuai dengan keinginanmu baik kamu ingin menonjolkan sisi tradisional ataukah modern. Misalnya saja kamu bisa menggunakan konsep baju adat dengan sentuhan modern model gown. Dengan pemilihan busana pengantin tradisional modern dapat menjadikan penampilan ada di acara pernikahan menjadi berbeda.

Penyajian Hidangan

Marthastewartweddings.com

Selain dekorasi, gaun pengantin, susunan acara, ada hal penting juga yang juga harus diperhatikan yaitu sajian yang akan dihidangkan untuk pesta pernikahan. perlu diingat bahwa anda memadukan konsep tradisional modern, kamu bisa memadukan keduanya untuk menyajikan makanan. Saat ini pun di pesta-pesta pernikahan tidak jarang lebih banyak menyajikan makanan-makanan kekinian daripada makanan modern. kamu bisa tetap menghidangkan makanan tradisional, misalnya memilih camilan tradisional khas daerah kamu. Tidak ada salahnya jika tetap memunculkan cita rasa para tamu dengan makanan khas daerahmu.

WhatsApp chat